Friday, February 7, 2014

Menjadi Bermakna Setiap 24 Jam


Asslamu'alaikum Wr. Wb.
Pada umumnya, ada beberapa hal yang bias dilakuka oleh individu untuk dapat mengoptimalkan waktu, supaya hidup menjadi bermakana. Diantara usaha itu adalah:
1.      Membuat skala prioritas
2.      Membereskan hal-hal yang tertunda
3.      Meningkstksn hubungan komunikasi
4.      Mempertajam intuisi
5.      Memperluas pergaulan
6.      Mempertahakan kejujuran
7.      Membuat diri menjadi orang terpercaya
8.      Menjadi kreatif dan inovatif
9.      Menambah pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman

2.1       Membuat Skala Prioritas
            Waktu efektif anda hanya 6 jam, setelah terlebih dahulu di kurangi 1 jam pertama sebelum anda memulai pekerjaan yang nyata, menjadi tinggal 5 jam. Kita susun hari ini jadual aktivitas yang akan kita lakukan. Apakah anda membagi setiap aktivitas memiliki setiap 1 jam kegiatan atau mungkin lebih.hal ini bergantung bagaimana anda menyusunya. Kita membuat contoh jika kegiatan tersebut kita rencanakan persatuan jam.
Contoh Rencana Pekerjaan Sesuai Prioritas dalam Masa Efektif
Waktu
Jenis Kegiatan
Prioritas
07.00-08.00
Menyelesaikan pekerjaan rutin
A
08.01-09.00
Menyelesaikan pekerjaan khusus
B
09.01-10.00
Berhubungan dengan orang lain
C
10.01-11.00
Berhubungan dengan orang lain
D
11.01-12.00
Membuta resume pekerjaan
E

Istahrahat, sholat (ibadah), makan



2.2       Membereskan Hal-Hal Yang Tertunda
            Tidak ada manusia yang sempurna. Itu merupakan hukum alam yang telah diciptakan Tuhan. Manusia diberi lupa agar dia bisa mengingat, manusia diberi kelemahan agar dia bisa melihat kelebihan orang lain, dan manusia hidayah waktu agar dia dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Manusia memiliki keterbatasan di segala bidang, termasuk diantaranya adalah kemampuan, kemauan, keterampilan, kecakapan, dan kecerdasan.
            Resep agar kita tidak membiasakan diri menunda-nunda pekerjaan. Resep tersebut seacara ringkas adalah:
1.      Sadari dan akuilah bahwa penundaan merupakan suatu cara hidup yang tidak ada manfaatnya, bahkan banyak merugikan.
2.       Salah satu sebab menunda-nunda pekerjaan karena anggapan sulitnya pekerjaan tersebut
3.      Hadapilah tugas-tugas yang tidak menyenangkan secara sungguh-sungguh
4.      Lakukan pekerjaan yang memerlukan gerakan fisikpada saat awal memulai pekerjaan.
5.      Catatlah hal-hal yang menyenangkan yang akan terjadi bila anda melaksakan suatu pekerjaan. Catat juga segala macam kerugian yang timbul jika anda terus menunda pekerjaan.
6.      Buatlah perjanjian dengan orang lain atau ceritakan apa yang akan anda lakukan kepada orang lain. Teknik ini akan memacu kita untuk menepati jadual waktu menyelesaikan pekerjaan karena adanya perasaan malu jika tidak selesai
1.     Berikan hadiah untuk diri sendiri bial anda berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan. Sebaliknya berikan hukuman apabila gagal.
2.      Bersikaplah tegan dan milikilah keberanian untuk bertindak pada saat anda merasa takut melakukan sesuatu.
3.      Janganlah terlalu mudah merasa bosan.
4.      Sering-seringlah bertanya pada diri sendiri,”bagaimana saya dapat memanfaatkan waktu dan tenaga dengan sebaik-baiknya  sekarang ini juga”
5.      Akhirnya ajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri setiap pagi, “masalah terbesar apakah yang saya akan hadapi sekarang, dan apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hari ini juga?” Catat semua ini dalam agenda.


2.3       Meningkatkan Komunikasi
            Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain. Setidaknya ada dua alas an untuk menciptakan komunikasi yang efektif, yang pertama adala komunikasi merupakan proses berfungsinya manajemen dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan , dan pengawasan. Kedua, Komunikasi adalah kegiatan para pimpinan mencurahkan sebagian bsar proposi waktu mereka.


2.4       Mempertajam Intuisi
            Intuisi adalah suatu proses  mengumpulkan informasiyang tidak mengandalkan panca indra, ingatan, pengalaman, perasaan, atau proses berpikir lainnya.
            Bagaimana mempertajam intuisi kita dan akapa waktu yang tepat untuk melatihnya? Banyak cara yang dilakukan untuk mempertajam intuisi, antara lain:
1.      Banyaklah mendengar
2.      Belajar dari pengalaman, baik pengalaman kita sendiri maupun pengalaman pengalaman orang lain
3.      Memanfaatkan setiap waktu paling tidak lima menit untukmerenung kebaikan dan kemanfaatan dengan sikap tenang dan penuh khusuk(khidmat), terutama setelah anda berhubungan (komunikasi) dengan orang lain
4.      Jangan ada curiga kepada setiap orang yang mengajak anda untuk berhubungan (komunikasi)
5.      Berbicaralah jujur dan terbuka agar orang dapat mempercayai anda
6.      Banyaklah membaca buku berkaitan dengan psikologi dan astrologi
7.      Beri empati kepada setiap yang datang berkomunikasi dengan anda
8.      Berusahalah menganalisis setiap permasalahan dan mencoba menemukan solusinya
9.      Jangan sok tahu, menduga-duga seperti layaknya seorang paranormal. Sebab ada ada golongan orang yang menyukai ramalan hidup.
10.  Jangan berkeluh kesah. Hilangkan pesimisme dan bangun optimism. Dengan sikap optimis akan membantu anda untuk percaya diri, sehingga hal ini akan mempengaruhi kualitas hubungan dengan orang lain.

2.3       Meningkatkan Komunikasi
            Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain. Setidaknya ada dua alas an untuk menciptakan komunikasi yang efektif, yang pertama adala komunikasi merupakan proses berfungsinya manajemen dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan , dan pengawasan. Kedua, Komunikasi adalah kegiatan para pimpinan mencurahkan sebagian bsar proposi waktu mereka.


2.4       Mempertajam Intuisi
            Intuisi adalah suatu proses  mengumpulkan informasiyang tidak mengandalkan panca indra, ingatan, pengalaman, perasaan, atau proses berpikir lainnya.
            Bagaimana mempertajam intuisi kita dan akapa waktu yang tepat untuk melatihnya? Banyak cara yang dilakukan untuk mempertajam intuisi, antara lain:
1.      Banyaklah mendengar
2.      Belajar dari pengalaman, baik pengalaman kita sendiri maupun pengalaman pengalaman orang lain
3.      Memanfaatkan setiap waktu paling tidak lima menit untukmerenung kebaikan dan kemanfaatan dengan sikap tenang dan penuh khusuk(khidmat), terutama setelah anda berhubungan (komunikasi) dengan orang lain
4.      Jangan ada curiga kepada setiap orang yang mengajak anda untuk berhubungan (komunikasi)
5.      Berbicaralah jujur dan terbuka agar orang dapat mempercayai anda
6.      Banyaklah membaca buku berkaitan dengan psikologi dan astrologi
7.      Beri empati kepada setiap yang datang berkomunikasi dengan anda
8.      Berusahalah menganalisis setiap permasalahan dan mencoba menemukan solusinya
9.      Jangan sok tahu, menduga-duga seperti layaknya seorang paranormal. Sebab ada ada golongan orang yang menyukai ramalan hidup.
10.  Jangan berkeluh kesah. Hilangkan pesimisme dan bangun optimism. Dengan sikap optimis akan membantu anda untuk percaya diri, sehingga hal ini akan mempengaruhi kualitas hubungan dengan orang lain.


2.5       Memperluas Pergaulan
            Prinsip hidup yang harus kita pegan teguh adalah menjadi manusia bermakna setiap waktu. Pada masa efektif  dimana  kita selalu menghadapi orang, baik itu orang luar maupun keluarga kita, maka satu hal yang harus kita pikirkan adalah prinsip hidup kesalingtergantungan.
            Memperluas pergaulan dapat dilakukan denga berusaha terlebih dahulu mau mengerti oranglain sebelum di mengerti orang lain.

2.6       Mempertahankan Kejujuran
            Derajat yang paling tinggi untuk menjadi lebih bermakna adalah Integritas. Anada belajar mempertahankan kejujuran yang sudah mauk dalam konteks integritas. Anda memang pribadi anda. Kalau mengingat-ingat bahwa anda harus memberikan kesan yang terbaik pada orang, maka saat itu pula anda mulai menatur segalanya, termasuk mengatur berbicara, berpakaian, bertindak sopan dan santun, termasuk berperilaku baik pada siapapun. Khususnya dalam berbicara, hati-hati anda mempergunakan bahasa dan kata-kata. Jangan sampai menyakiti hati orang lain. Anada adalah oaring yang dikeatahui orang lain terlebih dahulu, sebelum anda mengetahui anda sendiri.


2.7       Membuat Diri Menjadi Orang Yang Terpercaya
            Orang yang merasa dirinya bermakna adalah orang yang selalu mempertahankan kejujuran, yang selalu merasa percaya diri dalam arti positif, selalu menggunakan prinsip hidup bahwa dirinya bekerja tanpa batas, dapat melayani setiap waktu apaun yang dibutuhkan oleh orang lain dari kelebihan yang dia miliki, komitmen dengan janjinya, konsisten dalam berbuat, dan selalu menjauhi pertengkaran.


2.8       Menjadi Kreatif dan Inovatif
            Adalah kegiatan yang mendatangkan hasil dengan cirri-ciri, seperti : a) inovatif, belum ada, segar, menarik, anaeh, mengejutkan dan trobosan baru; b) berguna, lebih enak, lebih baik, lebih praktis  mempermudah, memperlancar, mendorong, mengembangkan, mendidik, memecahkan masalah, mengurangi hambatan, mengatasi kesulitan, mendatangkan hasil lebih baik/banyak; dan c) dapat dimengerti, hasil yang sama dapat dibuat di lain waktu.

2.9       Menambah Pengetahuan, Keterampilan, dan Pengalaman
            Pengetahuan, perilaku, dan motivasi adalah unsure kompetensi. Sedang kompetensi harus didefinisikan secara spesifik agar dapat di ukur dan diamati.

Sekian Semoga Bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.