Friday, April 5, 2013

UCAPAN "SEANDAINYA" (TPQ BANYU BIRU)

Ucapan "Seandainya"

Firman Alloh dalam Surat Ali Imron 154 " Mereka (orang-orang munafik) mengatakan : seandainya kita memiliki sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini , niscaya (kita tak akan terkalahkan) dan tidak ada yang terbunuh diantara kita disini (perang uhud). katakanlah : kalaupun kamu berada dirumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (Juga) ketempat mereka terbunuh. dan Alloh (berbuat demikian) untuk menguji (keimanan) yang ada dalam dadamu, dan membuktikan (niat) yang ada dalam hatimu. dan Alloh Maha Mengetahui isi segala hati."

Firman Alloh Surat Ali Imron 168 "orang-orang yang mengatakan kepada saudara-saudaranya dan mereka takut pergi berperang : seandainya Mereka mengikuti kita tentulah mereka sudah terbunuh. Katakanlah : tolaklah kematian itu dari dirimu, jika kamu Orang-orang yang benar"

Sabda Rosullulloh SAW " bersungguh-sungguhlah dalam mencari apa yang bermanfaat bagimu, dan mohonlah pertolongan kepada Alloh ( dalam segala urusanmu),  dan janganlah sekali-kali kamu bersikap lemah, dan jika kamu tertimpa sesuatu kegagalan, maka janganlah kamu mengatakan : seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini atau begitu', tetapi katakanlah : ini telah ditentukan oleh Alloh, dan Alloh akan melakukan apa yang Ia kehendaki', karena kata " seandainya" itu akan membuka pintu perbuatan syetan" (HR. Abu Hurairah dan Muslim)

kandungan tentang Firman Alloh dan Sabda Rosululloh SAW diatas

1. penjelasan tentang ayat dalam surat Ali imron (1)
2. larangan mengucapkan kata "anadaikata" atau "seandainya" apabila mendapat sesuatu musibah atau kegagalan.
3. alasannya, karena kata tersebut (seandainya / andaikata) akan membuka pintu perbuatan syetan.
4. petunjuk Rosullulloh SAW [ketika menjumpai sesuatu kegagalan atau mendapat sesuatu musibah] supaya mengucapkan ucapan-ucapan yang baik (dan bersabar serta mengimani bahwa apa yang terjadi adalah Takdir Alloh).

1- perintah untuk bersungguh-sungguh dalam mencari segala yang bermanfaat (untuk didunia dan di Akherat) dengan senantiasa memohon pertolongan Alloh.
2- larangan bersikap sebaliknya yaitu bersikap lemah........

No comments:

Post a Comment