Sunday, July 14, 2013

TENTANG TINGKAT KEIMANAN

TENTANG TINGKAT KEIMANAN

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.

Semoga di hari ini selalu dalam hidayah ALLOH SWT. Amin...., kai ini kami akan mempost hala yang sangat penting bagi kita, untuk menilai keimanan diri kita sendiri, apakah iman kita benar-benar beriman kepada ALLOH SWT....
okey.... seperti yang pernah kami baca dari MAJALAH SIDOGIRI ada sseorang yang menanyakan tentang tingkat keimanan.....dengan pertanyaan demikian maka terjawab sebagai berikut.
IMAN memang ada tingkatanya, dan Jumlah TINGKATAN nya ADA 5

YANG PERTAMA yaitu Imanu Taqlidin  (IMAN IKUT_IKUTAN) maksudnya memiliki kemantapan karena mengikuti orang lain, iman ini masih sah tetapi atau namun bila mampu memikirkan jika tidak mampu maka berdosa.

YANG KEDUA Imanu Ilmin (Iman karena sudah tahu) yaitu mengetahui akidah-akidah tauhid dan dalilnya. tTingkatan pertama dan kedua ini masih belum sampai pada tingkat Ma'rifat Billah.

YANG KETIGA Imanu 'Iyanin (Iman karena sudah tampak pada dirinya) yaitu  ma'rifatulloh bi-muroqobatil-qolbi atau ma'rifat kepada ALLOH dengan cara selalu Muroqobah pada ALLOH. di tingkat ini seseorang selalu memperhatikan ALLOH. Alloh tidak lepas dari jiwanya dan fikiranya. Keagungan ALLOH seslalu ada dalam dirinya dan seakan-akan melihat ALLOH. Ulama menyebut tingkat ini dengan nama  Maqom Muroqobah dan Ainul Yaqin.

YANG KEEMPAT Imanu Yaqin  yaitu Ru'yatulloh bi-qolbi (melihat Alloh dengan hatinya) Tingkat inilah yang dimaksudkan dalam pernyataan ulama: "Al-'Arif yaro robbahu fi kuli syai'in" (orang yang ma'rifat melihat tuhannya dalam setiap apapun yang ia lihat) tingkat ini disebut  Maqom al-Musyahadah dan Haqqul Yaqin. orang yangsampai pada Maqom ini terhalang dari makhluk karena sudah menyatu dengan ALLOH.

YANG KELIMA Imanu Haqiqotin yaitu al-fana' billah was-sakru bi-hubihi fala' yasyhadu illa iyyah (orang yang jiwanya sudah fana' dan mabuk karena cinta kepada ALLOH , tidak menyaksikan apapun selain ALLOH semata). orang yang mencapai tingkat ini maka ia seperti oarang yang tenggelam tak bertepi . tingkat kelima ini merupakan tingkat keimanan yang palin Tinggi. 

YANG  MENJADI KEWAJIBAN BAGI OARANG-ORANG MUKMIN ADALAH TINGKAT KEIMANAN YANG PERTAMA DAN KEDUA, sedangkan untuk Tingkat yang KETIGA, KEEMPAT DAN KELIMA merupakan Ilmu-ilmu ALLOH yang diberikan Oleh ALLOH kepada hamba Yang DIKEHENDKINYA .

demiian post dari kami semoga bermanfaat dan dapat untuk memperbaiki diri kita masing-masing kejarlah ALLOH dengan Keimanan bserta kecintaaan kepadaNYA insya ALLOH , Alloh pun semakin mendekat kepada kita.

Wasssalamu'alaikum WR.WB.

No comments:

Post a Comment