Thursday, May 30, 2013

RENUNGAN MASA TUA BAG.1

RENUNGAN MASA TUA BAG.1
masa tua merupakan masa penentu kebahaguaan seseorang. jika dia dalam masa tuanya sudah tidak lagi memikul berbagai beban dan berproblematika hidup, maka sungguh itu merupakan masa tua yang membahagiakan. karena masa tua merupakan masa dimana seseorang sudah mulai mengurangi berbagai aktivtas hidup di sebabkan menurunnya produkivitas dan kemampuan. masa tua merupakan masa bagi seseorang menuai hasil kerja payahnya dimasa mudah .jika seseorang sudah rentah namun harus menanggung berbagai pesoalan hidup ,maka sungguh itu merupakan masa tua yang tidak membahagiakan .di dalam kondisi yang sudah tidak mampu banyak erbuat ,dia justru di tuntut harus banyak berbuat .dalam kondisi produktivitas menurun ia justru dituntut untuk brproduksi tinggi .

Adakah orang yang menginginkan masa tuanya sengsara ?adakah seseorang yang saat dia mudah ,punya banyak perusahaan dan kekayaan ,lalu menginginkan agar nanti tatkala tua seluruh perusahaan hancur tanpa dapat menikmatinya ?dan saat dia tidak mampu lagi untuk membangun perusahaannya itu? pada saat bersamaan keturunannya belum bisa mandiri dan masih bergantung kepadanya? lalu apakah yang dapat dia perbuat dengan tumbuhnya yang sudah renta itu ,dengan kemampuannya yang sudah mulai sirna itu?Sebuah gambaran yang seorang paling bodoh sekali pun tidak menginginkannya !

itulah gambaran akhirat !Akhirat adalah puncak segalanya-galanya ,penentu kebahagiaan dan kesengasraan seseorang.ibarat manasa tua ,akhirat adalah masa menuai ,sedangkan kehidupan dunia adalah ibarat masa muda ,masa bagi seseorang yang masi mempunyai banyak kesempatan untuk berbuat.Justru di akhirat itulah manuia sangat membutuhkan terhadap hasil jerih payahnya tatkala di dunia ,bukan di dunia sebagai hasil akhiratnya .Maka merupakan kewajiban setiap muslim untuk senantiasa berorientasi terhadap kehidupan akhirat ,sebagaimana manusia pada umumnya sangat berorientasi terhadap masa tuanya. 

Bersambung......

No comments:

Post a Comment